MEMBUAT GAME TANGKAP SAMPAH DENGAN
MENGGUNAKAN MIT APP INVENTOR 2
- Meneruskan project login sebelumnya.
- pertama kita buka Screen 3 dan tambahkan button lalu beri nama game tangkap sampah.
- Add Screen, jadi Screen4.
- Pada Screen4 ini adalah untuk menampilkan gamenya.
- Tambahkan background.
- Pada layout drag vertical Arrangement, pada propertiesnya ganti align horizontal dan vertical menjadi center.
- Lalu tambahkan 1 label ke dalam vertical arrangement dan beri nama score serta centang fontbold.
- Pada Drawing and Animation , pilih canvas lalu drag , atur di bagian propertiesnya width dan height menjadi fill parent, Lalu background pilih “NONE”
- Tambahakan image sprite 2 di atas 1 di bawah.
- Image sprite 1 dan 2 menjadi sampah lalu masukan gambar sampah, kemudian atur bagian propertiesnya :widht dan height = 30;Heading = 270;Interval = 100;Speed = 10;Hilangkan centang pada rotates.
- Image sprite 3 untuk menjadi Tempat sampah lalu masukan gambar tong sampah, kemudian atur width & height menjadi 60 , heading menjadi 270 dan hilangkan centang pada rotates .
- Masuk pada bagian block. Pada screen 2 masukan code block dibawah ini, Code dibawah ini berfungsi agar setelah menekan tombol button yang ada pada screen2 kita akan terhubung ke screen 4. seperti gambar berikut :
- Pada Screen 4 masukan code seperti gambar berikut. Code ini untuk image sprite sampah dan tong sampah berfungsi pada canvas
- Kemudian untuk menambahkan score saat sampah tertangkap masukan code berikut:
- Dan berikut code yang berfungsi saat sampah jatuh tidak pada tong sampah maka point akan berkurang , berikut codenya
Komentar
Posting Komentar